Wonderful Spring in Japan!

Sebentar lagi musim semi nih di Jepang. Saya jadi inget pengalaman liburan saya musim semi tahun 2016 kemarin di Jepang.

img_3642

Jadi, udah lama banget saya punya impian ke Jepang. Setelah punya rezeki dan waktu yang tepat, akhirnya saya pergi liburan ke Jepang di akhir bulan Maret tahun 2016 kemarin yang kebetulan bertepatan dengan musim semi. Saya memang pengen banget ke Jepang di musim semi karena apalagi kalau bukan pengen ngeliat langsung keindahan bunga Sakura. Saya traveling ke Jepang sebagai solo traveler sekaligus backpacker. Penasaran? Yuk kepoin pengalaman dan aktivitas seru yang saya lakukan selama liburan musim semi di Jepang.

Menikmati Alam Jepang yang Asri
Salah satu tujuan berlibur ke Jepang adalah menikmati alamnya yang masih asri. “Lho, bukannya Jepang itu padat penduduk dan bangunannya beton semua?” Celetuk seorang teman. Ternyata, itu hanya ada di kota besarnya saja. Saya masih bisa merasakan hutan bambu yang asri di Arashiyama, Kyoto. Saya juga menikmati rimbunnya pepohonan di kuil Inari. Enggak nyangka bisa nemu pemandangan dan suasana tentram yang bisa bikin rileks kaya gini di Jepang.

img_5148
So peaceful

Mengamati dan Mempelajari Budaya Jepang
Negara Jepang memang sangat terkenal dengan budayanya, baik itu budaya tradisional maupun budaya pop nya yang mendunia. Walaupun kota-kota besar di Jepang sudah modern, tapi budaya tradisional Jepang tidak mudah tergerus arus globalisasi. Rumah-rumah tradisional, kuil dan kastil yang usianya ratusan bahkan ribuan tahun masih kokoh berdiri. Yang paling menakjubkan adalah saat melihat wanita-wanita Jepang yang berkimono berseliweran di kota, cantik-cantik! Pengen rasanya bungkus satu dibawa pulang.

img_4365
Kastil Osaka

img_4254
Saya selama di Jepang hampir selalu menggunakan bahasa Jepang yang sudah lama saya pelajari. Saya juga sebisa mungkin membungkuk ketika mengucapkan “Arigatou gozaimasu (terimakasih)”. Rasanya seperti menjadi orang lokal. Bahkan saya pernah diajak ngobrol seorang bapak orang Jepang. Salah satu budaya yang paling berkesan buat saya adalah budaya mengantri! Karena dimanapun orang Jepang selalu mengantri dengan tertib, dan itu memberikan pelajaran luar biasa bagi turis asing seperti saya. Benar-benar pengalaman yang sangat berharga.

Hanami
img_4286

Ini dia aktivitas seru yang saya tunggu-tunggu. Hanami adalah kegiatan menikmati keindahan bunga Sakura. Biasanya sambil makan, minum, ngobrol, dan ketawa-ketawa. Pokoknya have fun! Hanami ini biasa dilakukan di taman-taman yang ada bunga Sakura nya. Saya waktu itu hanami di Ueno Park dan di Shinjuku Gyoen karena kedua taman tersebut punya banyak koleksi bunga Sakura yang jenisnya beraneka ragam. Mulai dari yang bunganya berwarna merah muda merona, merah muda pucat, sampai putih juga ada. Wow! Bener-bener indah banget! Eggak habisnya saya berdecak kagum dan fotoin bunga Sakura nya.

Selain bunga Sakura, ada juga bunga-bunga lainnya yang sedang mekar. Salah satunya bunga Ume atau bunga plum. Sama-sama cantiknya, tapi mungkin kalah pamor dengan bunga Sakura ya.

photo-29-03-16-13-01-42
Bunga Plum

Ditengah udara musim semi yang sejuk, cuaca cerah, bunga sakura bermekaran, emang the best deh momentnya. Bagi mereka yang berpasangan, hanami bisa jadi moment paling indah lho soalnya romantiis banget! Jadi baper kan? Walaupun saya solo traveling, tapi tetep bisa menikmati hanami dengan khusyuk kok. Selain di taman, saya juga menikmati bunga Sakura dimanapun dia mekar.

Processed with VSCO with m6 preset
Cie ciee prewedding!

Wisata Kuliner
Kemanapun saya pergi, saya pasti menyempatkan untuk wisata kuliner. Kuliner di Jepang itu banyaak banget sampe bingung saya mau makan apa. Banyak banget kuliner yang wajib dicoba tapi beberapa yang menurut saya recomended itu:

  • Sushi
    img_1107
    Walaupun di Indonesia udah banyak restoran sushi, tapi bagi saya sebagai penggemar sushi, makan sushi di negara asalnya adalah suatu kewajiban. Apalagi sushi di Jepang bahan-bahannya fresh. Dijamin bakal ngerasain cita rasa sushi yang sebenarnya, dan buat penggemar sushi, pasti mendapatkan kebahagiaan yang HQQ!
  • Ramen
    img_3666
    Ramen di Jepang asli enak banget! Mie nya kenyal, kuah kaldunya kental dan gurih, toppingnya menambah kenikmatan ramen itu sendiri. Hmmm, dingin-dingin di musim semi emang paling enak makan ramen, sambil diseruput ya makannya, slrrrp!
  • Green Tea Parfait
    IMG_4381
    Mungkin sebagian orang masih belum tau apa itu Green Tea Parfait. Jadi makanan ini sejenis dessert yang isinya terdiri dari es krim green tea dan berbagai macam pilihan topping seperti kue mochi, soft cake, jelly, pasta kacang merah dan bahkan corn flakes. Topping dan bahan lain bisa berbeda-beda tergantung cafe yang menjualnya. Hmmm, kebayang enggak rasanya? pasti bikin happy! Para penggemar green tea wajib banget makan dessert yang satu ini.

Sebenernya masih banyak kuliner lainnya yang recomended tapi enggak bisa saya jelasin satu-persatu. Enggak usah takut makanan enggak enak, karena menurut saya makanan di Jepang itu hanya ada 2 jenis, makanan yang enak atau enak banget.

Menikmati Festival Musim Semi

img_4285
Stan makanan di festival

Saat musim semi di Jepang biasanya banyak terdapat festival. Seperti di beberapa taman atau area publik terdapat festival Sakura Illumination. Jadi pohon Sakura disorot cahaya lampu yang membuat bunganya semakin memancarkan keindahan saat malam hari. Kadang-kadang terdengar alunan suara dari alat musik tradisional Jepang, Shamisen yang dibawakan musisi jalanan. Keren!

img_4301
Sakura illumination

Selain itu ada stand-stand yang menjual berbagai macam kuliner khas festival seperti yakitori (sate ayam yang dagingnya tebel, manteb!), ika yaki (cumi bakar segede telapak tangan orang dewasa!), Oden (macam-macam makanan rebus), iga panggang dan lain-lain. Jangan ragukan rasa jajanan di festival ya, seperti yang saya tulis di atas, makanan di Jepang itu antara enak atau enak banget. Makannya ya tentu sambil menikmati keindahan bunga Sakura, rasanya wow banget! Festival musim semi adalah agenda wajib kalo kamu ke Jepang di musim semi.


Naik Transportasi Umum
“Yah transportasi umum di Indonesia juga banyak kali”. Eits, tapi transportasi umum di Jepang emang the best! Juara banget! Bersih, nyaman, dan tepat waktu adalah 3 hal yang tidak bisa dipisahkan dari transportasi umum di Jepang. Hampir semua transportasi umum yang saya naiki di Jepang adalah kereta. Mulai dari yang biasa-biasa aja sampai yang super cepat. Yang paling saya suka tentu tak lain dan tak bukan adalah Shinkansen! Saya naik Shinkansen dari Tokyo menuju Kyoto. Waktu yang ditempuh hanya 2 jam 30 menit saja dengan jarak 452.2 km!

img_5488
Ganteng!
photo-30-03-16-04-33-21
Interior Shinkansen

Dari Shinkansen ini saya bisa melihat pemandangan khas musim semi di Jepang, seperti pohon-pohon sakura dengan bunganya yang berwarna merah muda sampai yang berwarna putih. Gunung Fuji dengan puncaknya yang masih berselimut salju di kejauhan juga keliatan, bener-bener pemandangan yang syahdu. Mimpi saya menjadi nyata, enggak kerasa kalo air mata meleleh di pipi, huhuhu.

Kalo ngomongin tentang Jepang emang enggak ada abisnya. Walaupun udah pernah ngerasain musim semi yang wonderful banget, rasanya pengen lagi deh pergi kesana. Semoga pengalaman saya bisa menginspirasi dan memberi semangat kamu untuk bisa liburan ke Jepang.

Leave a Reply

