Transit di Bandara KLIA2 Malaysia

26 Maret 2016

KLIA2 hari itu cerah berawan. Pesawat mendarat dengan mulus. Saya turun dari pesawat dengan perasaan setengah bahagia karena masih harus melalui satu perjalanan panjang lagi. Lalu naik ke atas ke penerbangan antarbangsa, kemudian lanjut security check. Enaknya transit disini gak usah cek imigrasi lagi. Kemudian celingukan liat papan pengumuman tempat boarding pesawat untuk penerbangan selanjutnya. Perjalanan saya menuju Jepang dengan maskapai Air Asia mengharuskan saya transit di KLIA2.

img_3612

Sudah waktunya makan siang dan perut pun sudah minta diisi, saya mengikuti papan petunjuk menuju foodcourt. Menurut saya, tempat makan yg recommended itu ada di foodcourt lantai 2 yang begitu keluar dari security check langsung lurus terus melewati semacam platform atau jalan penghubung yang panjang, tepatnya di kedai yang jual yong taufu. Harganya sekitar 17 ringgit. Porsinya segede gaban. Bisa milih isinya: macem-macem tahu, bakso, fish cake, mie & sayuran. Kuahnya ada yang kaldu biasa & kari. Yang kuahnya kari enak pedes-pedes seger gitu, apalagi kalo ditambah peresan jeruk, yum! Nggak recommended sayuran yang warna ijo macem labu siam, rasanya pait kaya sayur paria, kecuali kalo doyan ya silahkan.

img_3614
Curry Yong Tau Fu

Di dekat foodcourt ada musola yang cukup besar, bersih dan nyaman banget ber-AC. Transit 3 jam di bandara KLIA2 itu sebentar banget, apalagi buat first timer kaya saya yang banyak menghabiskan waktu buat nanya sana-sini, jalan, celingak-celinguk, nyari gate, tempat makan, dan musola. KLIA2 termasuk bandara yang guedee banget jadi harus kuat jalan dari ujung ke ujung. Bandaranya masih keliatan baru dan bagus jadi masih nyaman. Pengalaman transit di KLIA2 emang seru banget. Suatu hari, pengen lagi berkunjung ke bandara ini, makan yong taufu nya, pengen nyoba kedai nasi ayam hainan & jajanan disini. *menurut info yang saya dapat, ada Gareth Popcorn yang terkenal itu disini lho.

Berikut ini tips transit di bandara KLIA2 versi saya:

  1. Cari tahu informasi bandara, seperti fasilitas dan peta jauh-jauh hari.
  2. Segera cari tahu jadwal keberangkatan selanjutnya, seperti tujuan, nama maskapai, nomor pesawat dan gate nya. Jangan lupa difoto atau dicatat biar gak lupa.
  3. Perhitungkan waktu. Biasanya kita asyik foto-foto atau liat-liat di bandara. Nah, jangan sampai kebablasan atau nanti ketinggalan pesawat. Kalau waktu nge-pas banget (seperti saya hanya 3 jam), lakukan hal yang prioritas seperti makan, ke toilet, ke musola dll. Perhitungkan juga waktu untuk menuju gate, minimal ambil 15 menit untuk menuju gate terjauh. Jangan lupa, biasanya kita akan melalui counter pemeriksaan yang pastinya bakal ngantri dan memakan waktu.
Advertisements

2 thoughts on “Transit di Bandara KLIA2 Malaysia

  1. Kalau transit di KL lumayan nyaman mampir di supermarket Jaya Grocery, kalau pagi ada sarapan nasi lemak + kopi/teh murah, 8 Ringgit kalau tak salah. Kalau ada budget lebih, bisa mampir di restoran Nusantara yang jual masakan Indonesia dan Malaysia, coba nasi dagang atau nasi kerabu di nampan enak betul saya rasa (>20 Ringgit)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s